Pengertian Kata Pengantar, contoh kata pengantar


Pengertian Kata pengantar, pada satu buah karangan, ataupun karya ilmiah lainnya yakni sepatah dua patah kata dari si penulis yg akan disampaikan terhadap pembaca tentang karyanya itu.

Umumnya kata pengantar bermakna tuturan rasa terima kasih terhadap yang mahakuasa, tuturan rasa syukur terhadap orang-orang turut serta, keinginan penulis, serta doa. Berikutnya kita bakal membahas lebih spesifik kata pengantar artikel adalah kata pengantar yg ditulis di dalam satu buah karangan.

Sesi pertama pada isi kata pengantar artikel diartikan sebagai rasa terima kasih pada Yang mahakuasa alhasil diberi keringanan untuk menyelesaikan penulisan karangan itu.
Rasa terima kasih itu dituliskan pada sesi pertama dari kata pengantar guna memperlihatkan bahwa tanpa adanya pertolongan & wejangan dari Yang mahakuasa maka karangan itu tidak akan pernah beres dari pengerjaannya. Serta selaku bukti bahwa pengarang betul-betul mengerti bahwa kemudahannya di dalam menulis & merampungkan karangan yg dia lakukan semata-mata atas pertolongan dari Yang mahakuasa.

Sehabis penyebutan rasa terima kasih terhadap Yang mahakuasa untuk kelancaran & selesainya penulisan karangan yg sudah dibuat sama penulis, langkah berikutnya dari kata pengantar tulisan yakni tuturan rasa syukur terhadap seantero orang yg sudah mendukung terselesaikannya karangan itu.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa di dalam menulis satu buah karangan pasti-nya seorang penulis memerlukan pertolongan dari orang lain. Pertolongan itu bisa berbentuk banyak hal kayak pustaka acuan, anjuran, kritik atau malahan cuma sekedar dorongan & motivasi.

Selaku penghargaan kepada mereka-mereka yg sudah memberikan sumbangsih terhadap penulis alhasil bisa berhasil merampungkan makalahnya oleh karena itu penulis mengucapakan rasa terima kasih tersebut di dalam kata pengantar karangan yg sudah dia susun.

Tahap berikutnya daripada kata pengantar karangan ialah penjelasan berdasarkan ikhtisar isi pada tulisan yg sudah dibuat. Tahap ini layaknya keterangan ringkas akan apa yg ditulis sama penulis pada karangannya. Penulisan tersebut dimungkinkan guna memikat minat serta kemauan pembaca supaya membaca lebih lanjut karangan yg sudah dibuat tersebut.

Di dalam tahap itu juga dapat disisipkan tujuan penulis pada membuat karangan. Apa yg diharapkan penulis dgn terselesaikannya karangan yg sudah dia bikin. Harapan tersebut terkait dgn tema yg dia ambil pada karangannya. Bukan harapan mengenai kegunaan makalahnya untuk orang lain. Sebab harapan mengenai hal itu ditulis pada tahap berikutnya dari kata pengantar karangan.

Kata pengantar karangan diakhiri dgn satu buah harapan serta doa penulis mengenai karangan yg dia bikin. Harapan & doa itu tentang kegunaan dari karangan yg dia harapkan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat luas. Pasti amat menyenangkan-hati untuk seorang penulis apabila hasil tulisannya bisa memberikan manfaat untuk orang lain.
Selain itu, karangan pun diakhiri dgn permintaan dari penulis apabila pada penulisan karangan itu terdapat pihak-pihak yg merasakan tersakiti ataupun ada tahap di dalam makalah yg gak berkenan di hati pembacanya.

Selain permintaan maaf, kata pengantar pun dilengkapi dgn permintaan adanya pihak-pihak tertentu yg berkenan utk menyampaikan kritik & usulan yg membangun. Hal tersebut dimaksudkan biar penulis bisa membuat karangan yg semakin baik lagi pada waktu yg akan datang.
Demikianlah isi dari kata pengantar karangan. Format tersebut ialah format lazim yg biasa di bikin sama penulis karangan di dalam membuat kata pengantar karangan. Kalau Kamu mau membuat kata pengantar karangan versi kamu dgn format yg kamu mau jadi hal tersebut bukanlah suatu hal yg dilarang. Kamu dapat melakukannya, membuat kata pengantar karangan versi kamu sendiri.