Jenis-jenis Artikel, macam-macam artikel


Jenis artikel atau macam artikel berdasarkan cara penyampaian dan tingkat kesulitannya dapat dibagi atas empat jenis artikel.
Artikel praktis
Artikel praktis seperti petunjuk-petunjuk cara membuat, memperbaiki, dan mengoperasikan suatu alat. Artikel praktis lebih menitikberatkan pada keterampilan daripada pengembangan pengetahuan atau analisis untuk masalah. Penulisannya pun cenderung menggunakan bentuk karangan narasi. Artinya, pesan disusun sesuai dengan urutan waktu, peristiwa, dan atau tahapan-tahapan. Contoh artikel praktis adalah Cara-cara Merawat Muka yang biasa ada di majalah-majalah.
Artikel ringan
Artikel ringan biasanya mengangkat masalah-masalah yang ringan dalam artian tidak memerlukan pemahaman mendalam. Artikel seperti ini ada dalam rubrik-rubrik majalah remaja atau surat kabar. Artikel ringan biasa dikemas dalam bentuk informasi atau hiburan. Membacanya pun tidak memerlukan perhatian dan konsentrasi penuh. Jenis artikel ini biasanya terdapat di tempat umum seperti rumah sakit atau stasiun. Salah satu contohnya adalah Kiat-kiat Hidup Sehat atau Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi.
Artikel halaman opini
Pada dasamya, semua artikel ialah opini, namun artikel yang satu ini ditempatkan dalam surat kabar atau majalah di bagian khusus opini seperti tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, dan surat pembaca. Artikel opini biasanya mengupas tuntas suatu masalah secara akademis. Oleh karena itu, penulisnya harus orang-orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Contoh artikel Opini adalah Orangtua Guru Utama dalam Pendidikan.
Artikel analisis ahli
Artikel analisis ahli lebih berat daripada artikel opini. Artikel ini juga harus ditulis oleh orang yang berdisiplin ilmu sesuai dengan topik artikel. Perbedaannya kalau artikel lain harus selalu menggunakan bahasa populer, sedangkan artikel analisis ahli boleh menggunakan bahasa ilmiah. Artikel ini mengupas tuntas secara tajam, mendalam, dan luas suatu masalah yang sedang berkembang di masyarakat. Artikel seperti ini biasa ditempatkan pada ruangan khusus media cetak. Salah satu contoh artikel ini adalah Arah dan Tujuan Pendidikan Indonesia.
Demikian tadi Jenis artikel atau macam artikel yang kita kenal.