Pengertian Artikel, Definisi Artikel

Pengertian Artikel adalah tulisan lepas berisi opini seseorang yang mengupas tuntas suatu masalah tertentu yang sifatnya aktual dan kadang-kadang kontroversial dengan tujuan untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi, meyakinkan (persuasif argumentatif), dan menghibur khalayak pembaca (Sumadiria, 2004:1). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2001:66), “Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai di majalah, surat kabar, dan sebagainya.” Artikel merupakan salah satu karya tulis ilmiah yang paling sederhana. Dari pemilihan judul, sistematika penulisan sampai isi sebuah artikel lebih sederhana dari karya tulis ilmiah lainnya. Begitupun pemilihan kata dan ragam bahasanya lebih santai. Walaupun demikian, dalam artikel tetap diperlukan penyelesaian yang memadai. Kandungannya pun harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah pula.

Pengertian Artikel berkaitan dengan keumumannya diperuntukkan bagi masyarakat umum yang dimuat pada media cetak, majalah dinding, dan ada juga tugas dari dosen dengan maksud menyampaikan ide, gagasan, dan pengetahuan. Oleh karena itu, bahasa dan pemilihan kata yang digunakan harus kata yang populer. Topik kajiannya harus topik kajian sebuah ilmu tertentu atau masalah yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat.
Seperti halnya tulisan karya ilmiah lainnya, artikel terdiri atas pendahuluan, isi, dan penutup. Sistematika ketiga unsur ini tidak diatur secara baku seperti pada makalah, buku, skripsi, tesis, dan disertasi. Sistematika penulisan artikel tidak ditandai dengan bagian-bagian atau tidak terdiri atas bab. Pembedaan bagian atau bab hanya ditandai dengan peralihan paragraf. Dan begitulah ulasan singkat mengenai pengertian artikel atau definisi artikel.